Gelaran MTQ di Tenggarong Seberang, Ajang Pencarian Bibit Kafilah di 18 Desa

TENGGARONG, kaltimonline.com – Lomba Musabaqah Tilawah Quran (MTQ) digelar Pemerintah Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Lomba ini sebagai bentuk persiapan diri menjelnag MTQ tingkat kabupaten yang akan digelar November mendatang di Kecamatan Kota Bangun Darat. MTQ yang diselenggarakan pada 15-21 Oktober 2023 di Desa Buana Jaya itu diikuti sebanyak 18 desa.

Sejumlah kategori dilombakan, di antaranya Lomba Cerdas Cermat PAI (LCP), Lomba Adzan, Lomba Melukis Islami, Lomba Kaligrafi Islam (LKI), Lomba Pidato PAI (LPP), dan Khutbah Jum’at.

Lomba ini bertema “Kita Wujudkan Generasi Islami Yang Cerdas, Berakhlaqul Karimah serta Toleran dalam Kehidupan Menuju Tenggarong Seberang Rukun Damai Sejahtera”.

Camat Tenggarong Seberang, Tego Yuwono mengungkapkan melaksanakan lomba MTQ ini untuk menyeleksi anak-anak terbaik yang akan mewakili Tenggarong Seberang di MTQ tingkat Kabupaten Kukar pada 10 November 2023 di Kecamatan Kota Bangun Darat.

“Dari lomba ini kami ingin ada bibit-bibit khafilah MTQ di semua desa, nanti bisa melihat potensi potensi yang ada di desa itu apa saja. Mulai kelas dai cilik atau pildacil dan Qoriahnya. Jadi kita seleksi di tingkat kecamatan baru nanti mewakili kecamatan ke tingkat kabupaten.” ujarnya, Sabtu (28/10/2023).

Untuk pembinaan MTQ di Tenggarong Seberang, kata dia, ada beberapa pondok pesantren dan kelompok pengajian di setiap desa yang melakukan pembinaan. Tego menegaskan, Pemerintah Kecamatan Tenggarong Seberang siap mendukung pengembangan MTQ.

“Harapan saya potensi-potensi syiar agama itu muncul bibit-bibit baru nantinya. Sebab kita sudah lima kali meraih juara di tingkat provinsi< sehingga harus ada generasi penerusnya nanti,” harapnya.(ADV/DISKOMINFO KUKAR)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *