Pembangunan Pabrik Rumput Laut Dapat Dukungan Warga dan Petani Kecamatan Muara Badak

TENGGARONG, kaltimonline.com– Masyarakat dan petani di Desa Muara Badak Ulu, Kecamatan Muara Badak mendukung penuh pembangunan pabrik pengolahan rumput laut.

Pabrik yang dibangun Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) sejak 2021 lalu ini bertujuan untuk mewujudkan hilirisasi pertanian. Nantinya, seluruh potensi rumput laut akan dikelola di pabrik tersebut.

Camat Muara Badak, Arfan mengungkapkan bahwa, kehadiran pabrik ini melahirkan harapan baru bagi para petani yang telah lama menantikan adanya fasilitas pengolahan yang memadai.

“Kami bersyukur sekali potensi perikanan ini nanti bisa dimaksimalkan untuk industri hilirnya lewat pembangunan pabrik rumput laut ini,” kata Arfan, Minggu (22/10/2023).

Progres pembangunan pabrik ini sedang berjalan, dengan Pemkab Kukar kini fokus pada proses pengadaan mesin pengolah rumput laut. Sementara itu, struktur bangunan pabrik telah rampung dan siap untuk segera beroperasi setelah mesin tersedia.

Ramlan, Ketua Pokdakan Salok Sumbala Sejahtera Muara Badak, menambahkan bahwa terdapat 70 kelompok petani budidaya rumput laut yang beroperasi di Muara Badak, dengan total lahan budidaya rumput laut mencapai sekitar 4 ribu hektare.

“Harapan kita mudah-mudahan secepatnya pabrik ini berjalan sehingga petani rumput laut bisa lebih sejahtera,” pungkasnya.(ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *