Prokes Covid-19, Rutan Balikpapan Terima 57 Tahanan Baru 

BALIKPAPAN,kaltimonline.com– Rumah  Tahanan Negara Kelas 2 B Balikpapan, Kamis (10/6/2021) menerima sebanyak 57 tahanan baru dengan beragam persyaratan pencegahan Covid-19.

Kepala Rutan Balikpapan Jul Herry Siburian menjelaskan bahwa pihak rutan sangat memperhatikan protokol kesehatan dalam proses penerimaan tahanan baru, hal yang paling ditekankan adalah tahanan yang masuk harus dilengkapi dengan hasil rapid antigen dan dinyatakan negatif.
Selanjutnya disertakan dengan surat keterangan sehat termasuk penerapan pemeriksaan kesehatan oleh petugas medis Rutan Balikpapan.
“Sebelum masuk ke dalam area rutan, setiap tahanan wajib mengenakan masker, masuk ke box sterilisasi, kemudian di cek suhu tubuhnya, dan di cek kembali kesehatannya oleh para tim medis Rutan Balikpapan dengan mengenakan pakaian khusus berupa alat pelindung diri, serta kelengkapan berkas dari setiap tahanan,” kata Kepala Rutan Kelas 2 B Balikpapan Jul Herry Siburian.
” Sebelum diperiksa barang bawaan dari para tahanan juga diseprotkan desinfektan dan semua tahanan baru wajib masuk ke ruang isolasi mandiri selama 14 hari guna mencegah penyebaran virus Covid-19 ke penghuni lain,” imbuh dia.

 Tahanan tersebut diantar langsung oleh pihak dari Kejaksaan Negeri Balikpapan. Sesuai dengan Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor PAS-20.PR.01.01 Tahun 2020 bahwa setiap penerimaan tahanan baru wajib menerapkan protokol kesehatan mulai dari proses masuk sampai pada proses penempatannya di blok hunian rutan.

 Sebelumnya pihak Kejaksaan telah melakukan koordinasi dengan pihak rutan dan selanjutnya menyiapkan kamar isolasi khusus yang terlebih dahulu telah disterilkan.

Menurut Jul Herry Siburian , pihaknya selalu melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian, kejaksaan maupun pengadilan dalam hal pengiriman tahanan baru.

“Mengingat penentuan waktu masuknya tahanan baru sebab didasarkan pada kesiapan kamar isolasi di rutan serta setiap penerimaan tahanan baru harus tetap menerapkan protokol kesehatan agar mencegah tersebarnya penyebaran Virus Covid-19 di dalam lingkungan Rutan Kelas IIB Balikpapan. Kami juga mengapresiasi kinerja para anggota yang terlibat langsung dalam proses penerimaan ini dimana, para petugas penuh kehati hatian namun tetap berusaha menerapakan pelayanan yang prima dalam penerimaan tahanan ini,” pungkas dia.
Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *