Wakili Lomba Kelurahan Sehat, Kelurahan Maluhu Komitmen Penuhi Indikator Penilaian Kesehatan

TENGGARONG, kaltimonline.com– Ditunjuk untuk mengikuti Lomba Kelurahan Sehat yang digagas oleh Dinas Kesehatan Kutai Kartanegara (Dinkes Kukar), Kelurahan Maluhu saat ini tengah mempersiapkan berkas dan administrasi.

Lurah Maluhu, Tri Joko Kuncoro sangat mengapresiasi Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Loa Ipuh yang telah menunjuk Maluhu sebagai perwakilan di ajang tersebut.

Lurah Maluhu, Tri Joko Kuncoro, menyatakan komitmennya untuk memenuhi semua indikator kesehatan yang diperlukan dalam penilaian.

“Ini sudah mulai proses penilaian, dari berkas hingga administrasi sudah berjalan,” kata Joko, Jumat (27/10/2023).

Beberapa kriteria yang menjadi sorotan mencakup kebersihan lingkungan, praktik cuci tangan yang baik, fasilitas sanitasi, serta pengendalian potensi penyakit lingkungan. Joko dengan bangga menyebut bahwa di Maluhu, kasus seperti demam berdarah, yang merupakan indikator penyakit lingkungan, hampir tidak ada.

Namun, ia menekankan bahwa masih ada beberapa tantangan yang harus diatasi, seperti keberadaan toilet yang tidak memenuhi standar. Sebagai respons, pihak kelurahan bersama warga telah melakukan gotong royong untuk membangun fasilitas yang sesuai dengan standar kesehatan.

“Kami dari kelurahan beserta warga iuran dan gotong royong membuatkan wc yang sesuai standar kesehatan,” ujarnya.

Joko mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada dan memastikan lingkungannya bebas dari sumber penyakit, terutama tempat yang bisa menjadi habitat nyamuk pembawa penyakit.(adv/diskominfo kukar)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *