Dishub Anggarkan Rp.2,5 M Untuk Dermaga di Sejumlah Wilayah di Kukar

TENGGARONG, kaltimonline.com – Dinas Perhubungan Kabupaten Kutai Kartanegara akan merehabilitasi sejumlah dermaga, baik pembangunan hingga perawatan.

Kepala Dishub Kukar, Junaidi menjelaskan telah menyiapkan anggaran senilai Rp.2,5 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kukar tahun 2023.

Ada 17 dermaga yang akan dibangung, diantaranya Dermaga Apung Desa Teluk Muda, Kelurahan Tama Pole, dan pembangunan Halte Sungai di beberapa desa seperti Liang, Separi, dan Tanjung Batu.

Adapun beberapa proyek lain termasuk pembangunan dan pengembangan Dermaga di Kota Bangun dan Dermaga di Pasar Muara Muntai Ulu.

Sedangkan untuk pemeliharaan, ada delapan dermaga. Di antaranya, Dermaga Kutai Lama, Dermaga Sebulu Modern, dan Dermaga Wisata Tanjung Serai. Rehabilitasi dermaga ini juga akan dilakukan di beberapa lokasi, termasuk Jembatan Dermaga Muara Muntai.

“Kita sudah memprogramkan untuk dermaga umum maupun wisata. Baik itu pembangunan maupun pemeliharaan,” kata Junaidi.

Selain berfungsi sebagai tempat singgah maupun menambatkan kapal, dermaga juga memperkuat sektor pariwisata di beberapa desa yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara.

“Fasilitas ini memang diperlukan sebagai kebutuhan masyarakat hulu dan pesisir, apalagi di pesisir mayoritas profesi nelayan,” pungkasnya.(ADV/DISKOMINFO KUKAR)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *