Gelar RUPS Tahunan, PT Kilang Pertamina Balikpapan Catatkan Kinerja Positif Periode Tahun 2023

JAKARTA, kaltimonline.com –Sebagai anak perusahaan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) untuk mengelola proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) Refinery Unit V (RU V) Balikpapan dan Terminal Lawe-Lawe, PT Kilang Pertamina Balikpapan (KPB) berhasil mencatatkan capaian kinerja positif selama periode tahun 2023. Pencapaian tersebut terpampang dari semakin progresifnya milestone RDMP Balikpapan dan Lawe-Lawe. Kinerja perusahaan disampaikan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Laporan Tahunan Tahun Buku 2023 yang berlangsung di kantor PT KPB Jakarta pada Jumat (28/6).

RUPST tersebut dipimpin langsung Komisaris PT KPB Haiyani Rumondang dan turut dihadiri Dewan Komisaris beserta jajaran Direksi PT KPB. Sementara dari Pemegang Saham tampak hadir Direktur Utama PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Taufik Aditiyawarman dan Direktur PT Pertamina Pedeve Indonesia Rahmi Amini.

Direktur Utama PT KPB, Bambang Harimurti memaparkan bahwa sebagai perusahaan yang mengedepankan aspek safety, ‘’PT KPB juga telah berhasil menorehkan pencapaian kinerja dari aspek HSSE yaitu dengan jumlah total jam kerja aman sampai dengan 31 Desember 2023 mencapai 34.936.949 jam’’, ujarnya. Pencapaian kinerja positif perusahaan didukung oleh Dewan Komisaris yang menjalankan fungsi pengawasan dan memberikan nasihat kepada Direksi untuk kemajuan PT KPB. Lebih lanjut Bambang menyampaikan, perusahaan terus berinovasi dalam upaya mempertahankan target proyek. Selain itu, menurut Bambang, “Karena masih dalam tahap konstruksi maka PT KPB belum memiliki program Corporate Social Responsibilities (CSR) yang berkesinambungan namun telah konsisten melaksanakan program-program Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL) seperti KPB Mengajar, Seminar Kesehatan, dan pemberian bantuan di ring 1 PT KPB baik itu area kerja Balikpapan dan Lawe-Lawe ’’, ujarnya menambahkan.

Kadek Ambara Jaya mewakili Komisaris PT KPB menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemegang Saham atas kerja keras seluruh Perwira PT KPB, ‘’Atas nama Dewan Komisaris Kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Direksi, manajemen, dan seluruh karyawan PT KPB atas kerja keras yang dilakukan dan kinerja yang dicapai selama tahun 2023. Kami berkeyakinan bahwa dengan kerja sama yang baik, kita dapat terus memperoleh kinerja dan pertumbuhan yang positif. Dalam kesempatan ini, Kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Pemegang Saham atas dukungan berkelanjutan dan kepercayaan yang diberikan kepada kami untuk terus menjaga kinerja perusahaan yang positif dengan menerapkan prinsip-prinsip keberlanjutan’’, ujar Kadek.

Kadek juga menambahkan bila PT KPB telah menjalankan Good Corporate Governance (GCG) yang senantiasa dipegang teguh untuk memastikan bahwa Tata Kelola Perusahaan dan pelaksanaan proyek pengembangan kilang memenuhi standar nasional, sehingga PT KPB layak untuk dijadikan sebagai contoh atau inspirasi bagi pelaku bisnis lainnya.

Pada kesempatan yang sama, PT KPI selaku pemegang saham mayoritas PT KPB menyampaikan apresiasi atas kinerja Direksi dan pengawasan Dewan Komisaris PT KPB yang telah dilaksanakan pada tahun 2023. Pernyataan tersebut disampaikan Direktur Utama PT KPI Taufik Aditiyawarman dalam arahannya, ”Kami mengapresiasi kinerja PT KPB pada Tahun Buku 2023, khususnya terkait pencapaian progress fisik per 31 Desember 2023 yaitu mencapai 74,82%. Kami juga berterima kasih atas upaya seluruh Perwira PT KPB sehingga bisa menjaga progress keseluruhan sehingga proyek RDMP Balikpapan mencapai hasil yang positif,” kata Taufik mewakili pemegang saham mayoritas yang hadir dalam RUPST 2023 tersebut.

Sementara Rahmi Amini dari Pertamina Pedeve Indonesia juga memberikan apresiasi yang sama atas keberhasilan progress fisik dan project financing PT KPB,‘’ Kami juga berterima kasih atas upaya seluruh Perwira PT KPB sehingga bisa menjaga progress keseluruhan sehingga proyek RDMP Balikpapan mencapai hasil yang positif’’, tambahnya.

Sepanjang Tahun 2023, PT KPB juga menorehkan sejumlah prestasi yang membanggakan, antara lain Penghargaan Zero Accident Platinum PA Covid-19 dan Platinum PA HIV/AIDS dari Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia, Penghargaan Zero Accident Program Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS dari Pemprov Kaltim, Penghargaan Gold pada Grand Forum Inovasi Mutu PT KPI 2023, dan Asian Pasific Award Petchem Deal of The Year 2023 dari Project Finance International. Dalam mencapai visinya menjadi operator dan pemilik kilang kelas dunia, PT KPB terus melakukan beragam inovasi yaitu menghasilkan kinerja perusahaan yang excellent dalam menghasilkan produk berkualitas yang ramah lingkungan dengan profit yang mampu menjaga keberlangsungan bisnis perusahaan untuk Mewujudkan Kemandirian, Ketahanan, dan Kedaulatan Energi Nasional.

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *