Kecamatan Muara Kaman Petakan 5 Desa Jadi Kawasan Pengembangan Pertanian Andalan Kukar

TENGGARONG, kaltimonline.com– Sebagai proyeksi lumbung pangan untuk Ibu Kota Nusantara (IKN), Kecamatan Muara Kaman menjadi salah satu kawasan pertanian yang diandalkan di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Camat Muara Kaman, Berliang mengatakan bahwa untuk mewujudkan hal itu, pemerintah Kecamatan Muara Kaman sedang memetakan kawasannya sebagai pengembangan pertanian. Ada lima desa di Kecamatan Muara Kaman yang difokuskan dalam pengembangan kawasan pertanian.

“Terkait program bupati kita laksanakan, yang fokusnya di Muara Kaman ada lima desa. Di antaranya Panca Jaya, Bunga Jadi dan Cipari Makmur,” kata Berliang, Minggu (22/10/2023).

Sejumlah infrastruktur penunjang pertanian di lima desa itu juga menjadi perhatian untuk dibenahi dan ditingkatkan. Mulai dari jalan pertanian hingga saluran irigasinya.

“Anggarannya disiapkan dari kabupaten, juga Bantuan Keuangan Khusus Desa (BKKD) masing-masing,” jelasnya.

Dengan ditingkatkannya sejumlah infrastruktur pertanian tersebut, otomatis hasil pertanian yang didapatkan juga maksimal. Hal itu juga memberikan dampak positif bagi masyarakat petani.

“Kebetulan Muara Kaman jadi salah satu pertanian berbasis kawasan pertanian terintegrasi,” pungkasnya.(ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *