Kementerian BUMN dan Pertamina Hadirkan Pasar Rakyat dan Bazaar UMKM BUMN

BALIKPAPAN, kaltimonline.com- Sebagai upaya untuk mendukung pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Balikpapan, Pertamina bersama Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyelenggarakan Pasar Rakyat dan pameran UMKM. Melalui kegiatan ini kontribusi BUMN hadir untuk negeri diharapkan dapat semakin dirasakan warga masyarakat.

Tidak tanggung-tanggung, dalam kegiatan pasar rakyat kali ini dijual sebanyak 4.000 paket sembako murah. Selain itu, juga dihadirkan 50 UMKM binaan Pertamina yang memasarkan produk andalan dengan berbagai sektor usaha. Kegiatan ini berlangsung di Lapangan Merdeka, Kota Balikpapan Jumat (7/10/2022).

Untuk penyediaan paket sembako, Pertamina berkolaborasi dengan salah satu perusahaan BUMN yaitu Bulog dalam menyediakan paket sembako murah yang setiap paketnya berisikan beras 5kg, gula 1kg, dan minyak goreng 1 Liter.

Kegiatan Pasar Rakyat dan Bazaar UMKM ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Staf Khusus III Kementerian BUMN, Arya Sinulingga. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kolaborasi antar BUMN dalam rangka mendukung pergerakan roda perekonomian di daerah.

“Hampir setiap kebutuhan kehidupan kita sehari-hari pasti bersingungan dengan aktivitas atau produk BUMN. BUMN hadir pada hal-hal yang mungkin tidak ada pihak swasta yang mau masuk, namun disanalah BUMN harus tetap mengambil peran,” kata Arya.

Terhadap pelaksanaan kegiatan Pasar Rakyat ini, Arya juga menyampaikan penghargaannya. “Kami sangat mengapresiasi dan penghargaan atas telaksananya sinergi ini, karena kegiatan ini juga dalam rangka pemulihan ekonomi kita. Adanya Pasar Rakyat dan stan Bazaar UMKM ini pasti akan bermanfaat untuk perekonomian Kota Balikpapan,” kata Arya.

Dukungan dari Pemerintah Kota Balikpapan disampaikan oleh Walikota Balikpapan Rahmad Mas’ud. Rahmat menyampaikan bahwa Pemkot Balikpapan juga terus mendorong para UMKM dapat naik kelas serta dapat meningkatkan kapasitasnya. Upaya nyata tersebut diwujudkan melalui pembentukan Badan Ekonomi Kreatif serta sebagai penyelenggaran pameran untuk pelaku UMKM.

“Saya berharap, tentunya dengan sinergi dan peluang yang diciptakan dari berbagai pihak para pelaku UMKM terus belajar meningkatkan kualitas produknya. Melalui kegiatan ini semoga hubungan sinergis dan harmonis terhadap pemerintah, pihak BUMN, Swasta, dan Masyarakat dapat terus tercipta,” katanya.

Setelah melakukan penyerahan paket sembako secara simbolis, Staf Khusus III Kementerian BUMN Arya Sinulingga bersama Walikota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengunjungi stand-stand UMKM. Dalam kesempatan itu, baik Arya maupun Rahmat Mas’ud melakukan dialog dengan para pelaku UMKM. Tak lupa mereka berkali-kali mencoba produk UMKM yang dipasarkan di pameran tersebut.

Sementara itu, Vice President CSR & SMEPP Management PT Pertamina (Persero) Fajriyah Usman menyampaikan bahwa Pertamina juga memiliki komitmen untuk mendukung perkembangan UMKM di Kota Balikpapan. Salah satunya bersama Kementerian BUMN menghadirkan Rumah Kreatif BUMN.

“Bagi para UMKM yang ingin mendapatkan pendampingan untuk mengembangkan bisnisnya, dapat bergabung di Rumah Kreatif BUMN. Salah satu ada mesin lebel disana. Semoga melalui Rumah Kreatif BUMN ini akan semakin banyak UMKN yang mendapatkan pendampingan agar dapat naik kelas,” tutup Fajriyah.

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *