Lanal Balikpapan Gelar Coffee Morning Bersama Unsur Forkom Maritim dan Para Penggiat Serta Pemilik Kapal Klotok di Wilayah Samarinda

SAMARINDA,kaltimonline.com– Setelah berhasil mengamankan 47 Kru ABK serta Barang bukti 8 Kapal Motor (Klotok) dan 31 Ton Batubara hasil curian yang terjadi di perairan Sungai Mahakam beberapa pekan lalu, Pangkalan TNI AL Balikpapan mengadakan acara Coffee Morning bersama Unsur Forkom Maritim dan para penggiat serta pemilik kapal klotok di wilayah Samarinda Prov. Kaltim. Jum’at, (21/01/22).

Komandan Lanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Siswo Widodo, S.T., membuka langsung acara minum kopi pagi bersama (Coffe Morning), pada acara tersebut selain dihadiri oleh para Forkom Maritim, namun dihadiri juga oleh para pejabat dari Diskum Lantamal XIII dan Diskum Armada II diantaranya Letkol Laut (KH) Yadiono, S.H. dan Mayor Laut (KH) Loso.

Acara Coffee Morning ini diselenggarakan dalam rangka pembinaan potensial maritim dan juga memberikan sosialisasi serta edukasi tentang Keselamatan Pelayaran serta sanksi sanksi terhadap oknum/pelaku pelanggaran hukum di laut, selain itu Danlanal Balikpapan juga menekankan kepada para penggiat dan pemilik kapal klotok agar memperhatikan kecakapan baik nahkoda dan KKM ataupun para ABK dalam mengoperasional kan kapal, serta harus dilengkapi dengan surat2 kecakapan kapal yg sesuai administrasi prosedur pelayaran tentunya.

Danlanal Balikpapan di depan awak media menyampaikan bahwa “Terima kasih rekan-rekan wartawan yang saya banggakan, Sekali lagi kami perlu sampaikan sesuai perintah direktif dari bapak Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) bahwa penegakan hukum di laut wajib kami laksanakan khususnya di Perairan Samarinda yang mana menjadi wilayah kerjanya Lanal Balikpapan, namun disuatu sisi selain menegakkan kedaulatan, kita juga harus punya yg namanya pembinaan potensial maritim, salah satunya kegiatan potensial maritim yang kita lakukan saat ini ialah dengan acara minum kopi dan silaturahmi bersama dengan pejabat terkait serta pemilik dan penggiat dari kapal Klotok”.

“Harapannya dari kegiatan ini, kita bisa merangkul mereka bahwa kami ini bagian dari mereka bukan musuh mereka yang mana dengan adanya silaturahmi ini mereka dapat mengerti dengan penjelasan dari kami terkait aturan-aturan, hal-hal yang harus dilengkapi baik dari alat yang digunakan di kapal Klotok itu sendiri ataupun surat surat kecakapan yg harus dimiliki oleh rekan rekan nahkoda ataupun KKM” Ujar Komandan.

Turut hadir dalam kegiatan diatas ialah Kadiskum Lantamal XIII Letkol Laut (KH) Yadiono, S.H., KSOP Samarinda Bpk. Slamet Isyadi, Diskum Armada II Mayor Laut (KH) Loso, Pasops Lanal Balikpapan Mayor Laut (P) M. Syaiful Ali, Pasintel Lanal Balikpapan Mayor Laut (S) Arfin Trimedianto, S.A.P, Diskum Armada II Kapten Laut (KH) Fuad Juni Sabtal, Danunit Intel Lanal Balikpapan Kapten Mar Arif B. Simamora, Danpos Anggana, Danpos Muara Pegah, Perwira Staf Lanal Balikpapan, Perwakilan Polairud Bripka Hendry, Staf Camat Anggana dan 32 orang pemilik dan penggiat kapal klotok di wilayah samarinda.

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *