Peserta Indonesia Development Forum Kunjungan Kilang Balikpapan

BALIKPAPAN, kaltimonline.com – Sejumlah peserta yang tergabung dalam Indonesia Development Forum (IDF) mengikuti kegiatan “IDEA Series: Innovate” dengan mengunjungi PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan. (Selasa, 05/07). Kegiatan ini sendiri merupakan inisiasi dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) sejak tahun 2017.

IDF merupakan wadah bagi praktisi pembangunan di sektor publik, swasta, dan nirlaba untuk bertemu dan bertukar gagasan. Pelaksanaan di Kota Balikpapan ini merupakan kegiatan ke 4 yang dilaksanakan pada tahun 2022.

“Kegiatan di Balikpapan ini merupakan rangkaian acara Indonesia Development Forum (IDF) 2022 yang memiliki tema Untuk Industrialisasi yang Mendorong Transformasi Indonesia Ke Depan,” kata Direktur Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif PPN/Bappenas Leonardo Teguh Sambodo.

Leonardo menjelaskan bahwa acara ini merupakan rangkaian dari acara Idea Series yang difokuskan kepada sisi inovasi dari pengembangan industri untuk menemukan solusi-solusi industri yang dilakukan oleh pelaku industri.

“Kehadiran di Pertamina adalah sebagai salah satu langkah untuk berkolaborasi dengan dunia usaha. Penyelenggaraan IDF dilakukan dengan melihat langsung kondisi di lapangan dan bisa berdiskusi langsung terkait dengan tantangan yang dihadapi, kendala, serta solusi yang mungkin bisa ditawarkan,” jelasnya.

Selain itu menurut Leonardo, kunjungan lapangan dilakukan juga untuk memberikan inspirasi tidak hanya mengenai masalah-masalahnya tetapi juga keunggulan-keunggulan dari lokasi yang dikunjungi.

“Kilang Balikpapan yang merupakan Unit Refinery terbesar kedua di Indonesia. Ini merupakan salah satu peluang baik untuk melihat potensi untuk mendukung pembangunan ibukota Nusantara yang sebentar lagi akan dibangun dan juga diarahkan menjadi super hub ekonomi,” katanya.

Sementara itu, Pjs GM KPI Unit Balikpapan Arafat Bayu Nugroho menyampaikan bahwa kunjungan ini merupakan salah satu kesempatan bagi KPI Unit Balikpapan untuk menyampaikan proses bisnis KPI Unit Balikpapan. Tidak hanya kondisi saat ini, namun juga proses bisnis setelah program peningkatan kapasitas kilang selesai dilakukan.

“Sebagai salah satu kilang terbesar di Indonesia, tentunya Kilang Balikpapan memiliki posisi strategis khususnya untuk penyediaan BBM di Indonesia wilayah timur,” kata Bayu.

Dia juga menyampaikan bahwa proses bisnis Pertamina Group di Kalimantan Timur meliputi sektor hulu hingga hilir. “Semoga pertemuan ini dapat menjadi wadah untuk memberikan informasi-informasi yang berguna untuk kemajuan kilang Balikpapan,” tutup Bayu.

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *