CSR Peduli Pertamina, Berikan Bantuan Pengembangan Posyandu

BALIKPAPAN,kaltimonline.com-Pertamina RU V Balikpapan memberikan dukungan untuk pengembangan posyandu di Kelurahan Baru Ilir, Kelurahan Baru Tengah dan Kelurahan Margasari Balikpapan Barat. Dukungan Pertamina RU V diberikan dalam bentuk bantuan sarana posyandu.
Program ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial dan kepedulian perusahaan terhadap masyarakat dalam bidang kesehatan terutama dalam jangkauan ring satu Pertamina RU V Balikpapan.
Region Manager Communication, Relations & CSR Kalimantan Roberth MV Dumatubun mengatakan bahwa program posyandu merupakan salah satu program yang menyentuh kebutuhan dasar di masyarakat. “Posyandu telah lama menjadi bagian masyarakat yang berperan penting terutama dalam tumbuh kembang anak. Posyandu juga merupakan salah satu kegiatan kesehatan yang sumber daya utamanya adalah masyarakat” ujar Roberth.
Pada bantuan ini kali ini, Pertamina memberikan bantuan beberapa sarana berupa thermo gun, pengukur panjang badan untuk bayi, pengukur tinggi badan, hand scoon, face shielddan peralatan posyandu lainnya yang dapat digunakan untuk meningkatkan kunjungan masyarakat ke posyandu di 3 kelurahan tersebut.
Selain penyaluran bantuan sarana posyandu di tiga kelurahan tersebut, Pertamina RU V Balikpapan bekerja sama dengan Puskesmas Baru Ilir menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan kemampuan Kader Posyandu di Puskesmas Baru Ilir. “Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai kegiatan posyandu yang meliputi pemberian vitamin, penimbangan berat badan balita, pemberian makanan tambahan untuk balita dan ibu hamil.” ujar Roberth.
Roberth mengharapkan bantuan yang diberikan dapat menjadi stimulus dalam terus mengembangankan posyandu dan kader-kadernya.
Roberth juga menjelaskan bahwa tantangan program ini kedepan adalah bagaimana menjadikan posyandu-posyandu bisa tumbuh mandiri. “Ke depan kita perlu berdiskusi dengan semua pemangku kepentingan bagaimana menjadikan posyandu dan kader-kadernya bisa mandiri agar kegiatan posyandu dapat terus berkembang di masyarakat” harapnya.
Sementara itu, Lurah Baru Ilir Heru Budi Santosa, pada waktu serah terima simbolis mengatakan bahwa pemerintah Kelurahan Baru Ilir mendukung kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan. “Di masa pandemi saat ini, dengan segala keterbatasan tentu kita berharap program ini akan memberikan manfaat bagi masyarakat,” harapnya.
Dukungan kepada Pertamina juga disampaikan oleh Bendahara Puskesmas Margasari, drg Andi Irnawati yang mengapresiasi kegiatan ini.
 “Kami sangat mengapresiasi atas bantuannya, diharapkan ke depannya bantuan bisa berkesinambungan, dan bermanfaat secara umum utamanya yang berhubungan dengan lingkungan, karena Margasari termasuk kawasan kumuh. Hal ini berkaitan erat dengan kondisi kesehatan warganya,” ujarnya.
Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *