Pertamina Luncurkan Buku Wain’s Treasures

BALIKPAPAN, kaltimonline.com– Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional Unit Balikpapan turut serta memperkenalkan Sungai Wain sebagai kawasan pelestarian lingkungan melalui pengenalan flora dan fauna yang terdapat di Hutan Lindung Sungai Wain. Pengenalan tersebut dilakukan melalui penerbitan buku WAIN’s Treasures, The Biodiversity of Sungai Wain bekerja sama dengan Friends of Wild Nature (FOWN), Yayasan Indocita Madani dan KPHL Balikpapan.

“Setelah melalui proses dokumentasi yang panjang, hari ini buku WAIN’s Treasures akhirnya dapat diluncurkan,” ujar Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina RU Balikpapan Ely Chandra Peranginangin. (Jumat, 04/11).

Sungai Wain merupakan kawasan yang sangat kaya akan flora dan fauna. Dengan keanekaragaman yang luar biasa, Pertamina menurutnya ingin turut berpartisipasi dengan semakin memperkenalkan flora dan fauna di Sungai Wain.

Pengumpulan foto-foto langsung dari alam memang memerlukan usaha yang cukup menantang. Ketepatan momen dan cuaca juga turut mempengaruhi proses pengumpulan fotonya terutama faunanya,” jelasnya.

Buku WAIN’s Treasures memuat sekitar 200 flora dan fauna yang terdapat di Hutan Lindung Sungai Wain. “Selain akan ditampilkan dalam buku, foto flora dan fauna tersebut dapat juga dilihat melalui media sosial instagram @pertamina_ru5 setiap minggunya,” kata Chandra.

Dengan semakin banyaknya publikasi mengenai keanekaragaman hayati di Sungai Wain, masyarakat diharapkan akan semakin peduli dengan kelestarian Hutan Lindung Sungai Wain. “Kita pasti akan merasa takjub melihat hasil dokumentasi keanekaragaman hayati disana. Dengan melihat begitu indahnya keanekaragaman hayati tersebut, semoga kelestarian Sungai Wain senantiasa terjaga.” tutupnya.

Perwakilan dari Fown, Sugeng Kuswardono mengatakan proses kurasi sudah dilakukan oleh timnya sejak lama. Hanya saja, untuk melengkapi beberapa foto yang masih belum ada, pihaknya melakukan pengumpulan data sejak Juni – Agustus 2021.

Pengumupulan dokumentasi flora dan fauna belum banyak dilakukan oleh orang Balikpapan. “Tergerak oleh alasan ini, kami mencoba membuat buku dan mendapat support dari Pertamina,” ujarnya.

Dia berharap seluruh komponen masyarakat dapat tergerak untuk berpartisipasi aktif dalam pelestarian flora dan fauna di Sungai Wain.(*)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *