Resmi Musda ke-XV KNPI Balikpapan Dibuka Walikota Balikpapan

BALIKPAPAN, kaltimonline.com- Musyawarah Daerah ke-XV Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Balikpapan resmi dibuka Walikota Balikpapan Rahmad Mas’ud pada Sabtu (6/11/2021) pagi di Ballroom Hotel Grand Tjokro Balikpapan.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua DPD KNPI Kaltim Arif Rahman Hakim, Ketua DPD KNPI Balikpapan Andi Weli, serta seluruh Organisasi Kepemudaan (OKP) dan Dewan Pengurus Kecamatan (DPK).

Rahmad Mas’ud mengatakan bahwa dalam Musda KNPI tersebut menjadi momentum kebangkitan pemuda Balikpapan yang berintegritas.

“Saya menyambut baik dilaksanakannya kegiatan ini dan berharap agenda Muskot ini dapat berjalan dengan lancar, selain sebagai wujud kesinambungan organisasi, muskot ini juga memiliki nilai penting sebagai momentum kebangkitan generasi muda yang berintegritas dan berdedikasi,”ujarnya dalam sambutan.

Mantan Bendahara KNPI Balikpapan ini juga meminta kepada seluruh anggota KNPI untuk memberikan contoh kepada masyarakat sebagai kaum intelektual.

“Muskot ini sekaligus dapat menjadi contoh bagi masyarakat bahwa generasi muda sebagai kalangan intelektual mampu menjalankan kehidupan organisasi melalui praktek demokrasi yang sehat berlandaskan nilai-nilai kekeluargaan serta kesamaan tujuan,”paparnya.

KNPI sebagai tempat berhimpunnya organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP), dapat meningkatkan dan menguatkan fungsi kelembagaan dan perannya dalam masyarakat.

“Mampu menjaga nilai-nilai kearifan lokal yang dimiliki, serta menjadi titik sentral untuk mempercepat pembangunan kota Balikpapan sekaligus sebagai mediator dan fasilitator untuk membawa aspirasi pemuda kepada pemerintah,”pintanya.

Terlebih baru-baru ini Peraturan Daerah Kota Balikpapan tentang Kepemudaan yang merujuk pada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 tahun 2009 tentang Kepemudaan baru saja disahkan sebagai salah satu landasan dan kepastian hukum pembangunan sumber daya kepemudaan di kota balikpapan.

“Mudah-mudahan Perda ini dapat menjadi instrumen penting dalam pemberdayaan pemuda dan organisasi pemuda agar mampu semakin memantapkan kiprahnya sebagai agen prubahan dan penggerak pembangunan dalam memajukan kota balikpapan,”bebernya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua DPD KNPI Kaltim Arif Rahman Hakim agar dapat mengawal agenda Pemkot Balikpapan untuk bersama-sama bersinergi membangun Kota Balikpapan.

“Ke depan pemuda bisa mengawal terlebih untuk mempertahankan sebagai kota bersih selain itu juga kami meminta Balikpapan untuk bisa menjadi Kota layak pemuda ditengah dinamika di KNPI kita bersyukur memiliki walikota yang baik dan peduli serta peran kawan kita saling bahu membahu bahwa Balikpapan sebagai kiblat anak muda,” pungkas dia.

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *