oleh

Siloam Balikpapan Berhasil Bedah Jantung Koroner Pertama

BALIKPAPAN,kaltimonline.com-Rumah sakit Siloam Hospital Balikpapan resmi menjadi rumah sakit pertama di Balikpapan yang membuka pelayanan bedah jantung setelah di AWS Samarinda. Minimnya rumah sakit jantung di Indonesia apalagi daerah menjadi persoalan penting yang dhadapi penderita jantung jadi alasan hadirnya RS Siloam sebagai rumah sakit membuka pelayanan bedah jantung.

Direkur Siloam Hospital Balikpapan, dr. Danie Poluan menjelaskan selama masa pandemi Covid 19, tindakan operasi khususnya bedah jantung terbuka di Siloam Hospital Balikpapan tetap dapat dilakukan dengan aman dan tepat, dikarenakan jaringan rumah sakit Siloam menjalankan protokol kesehatan bagi pasien,  tenaga medis dan seluruh pekerja yang ada di rumah sakit.

” Kami mengucapkan syukur karena pada 16 Januari lalu berhasil melaksanakan operasi jantung terbuka di RS Siloam.  Pasien dalam keadaan bagus selain jantung koroner punya diabetes militus. dan hari ini sudah dibolehkan pulang. Tentu ini menjadi kebanggaan dan sejarah penting rumah sakit Siloam Hospital membuka pelayanan bedah jantung pertama di Balikpapan,” katanya didampingi tim dokter bedah jantung RS Siloam Balikpapan, Jumat sore (22/01/2021).

Rumah sakit yang berada di jalan MT Haryono Balikpapan Selatan ini, telah sukses melakukan operasi Coronary Artery Bypass Graft (CABG) atau biasa disebut Operasi Bypass Jantung Koroner pada 16 Januari kepada pasien berusia 50 tahun dengan komorbid Diabetes. Pada 22 Januari ini pasien telah dibolehkan pulang dari rumah sakit.

Danie menjelaskan, adanya pelayanan operasi jantung di rumah sakit Siloam Hospital ini, masyarakat tidak perlu lagi keluar kota ataupun keluar negeri untuk melakukan operasi jantung. Karena layanan bedah jantung dirumah sakit Siloam Hospital tidak kalah dengan pelayanan yang ada di luar pulau.

Direkur Siloam Hospital Balikpapan, dr. Danie Poluan (kiri) menjelaskan selama masa pandemi Covid 19, tindakan operasi khususnya bedah jantung terbuka di Siloam Hospital Balikpapan

Siloam Balikpapan memiliki Cardiac center yang didalamnya merupakn  tim medis speasilis, dokter yang berkompeten dan handal dalam bidangnya.

“Ada dokter Ivan sudah punya jam terbang yang tinggi jumlah operasi sudah diatas 500 yang dioperasi, ada dokter spesialis penyakit dalam, spesialis THT didampingi dokter spesialis anestesi, kita punya konsultan ICU, lalu spesialis THT, ada psioterapi pelayanan rehabilitasi medik pasca operasi, lalu ada dokter. Ini tim kami,” ujarnya.

Danie menyebutkan selain memiliki pelayanan Cardiac center RS Siloam juga memiliki unggulan pelayanan seperti  Pelayanan kasus trauma, bedah saraf, kasus-kasus onkologi, kasus urologi, pelayanan prosedur minimal invasive seperti paraskopi, endoskopi.

“Dan pelayanan Jantung sebagai unggulan utama sehingga melalui media dapat disebarluaskan kepada masyarakat agar dapat informasi bahwa rumah sakit Siloam Balikpapan memiliki fasilitas jantung dan bedah jantung,” katanya.

Danie menjelaskan, selama masa pandemi Covid 19, tindakan operasi khususnya bedah jantung terbuka di Siloam Hospital Balikpapan tetap dapat dilakukan dengan aman dan tepat, dikarenakan jaringan rumah sakit Siloam menjalankan protokol kesehatan bagi pasien,  tenaga medis dan seluruh pekerja yang ada dirumah sakit.

“Masyarakat diharapkan tidak merasa takut untuk menjalani operasi jantung. Karena,  rumah sakit Siloam Hospital menjaga protokol kesehatan secara ketat, ” tukasnya. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *