oleh

Versi Polling AFC Tractor SC Klub Terpopuler Asia, Persija Peringkat ke Tiga

SPORT-Federasi Sepakbola Asia (AFC) baru saja menyelenggarakan pemilihan untuk mengetahui klub mana yang paling populer di Asia. Hasilnya, Tractor Sazi FC yang berasal dari Iran terpilih sebagai klub sepakbola paling populer di Asia.Terdapat 1.468.693 suara yang masuk dalam pemilihan klub paling populer di Asia ini. Dari delapan klub yang menjadi nominasi, Tractor berhasil memenangkan lebih dari setengah suara yang masuk tersebut, tepatnya, sebanyak 51,14 persen.Sementara itu, posisi kedua juga ditempati oleh klub asal Iran, yakni Persepolis FC. Mereka berhasil mendapatkan 21,65 persen suara. Hasil ini seolah membuktikan bahwa sepakbola Iran telah berkembang pesat.
Piala Asia U-19 dan U-16 2021 Indonesia sendiri sebenarnya menyumbang satu wakil dari delapan klub yang menjadi nominasi tersebut. Adalah klub ibu kota, Persija Jakarta, yang menjadi wakil Tanah Air.Meski tidak menjadi juara umum, namun perolehan suara yang didapat oleh klub berjuluk Macan Kemayoran itu cukup besar. Persija berhasil mendulang 11,45 persen suara dan menempati posisi ketiga.Kendati demikian, jika yang dilihat hanya klub dari Asia Tenggara (ASEAN), maka Persija menjadi yang terbaik. Tercatat hanya ada dua klub yang mewakili Asia Tenggara. Selain Persija, terdapat Johor Darul Ta’zim (JDT) yang berasal dari Malaysia.“Menurut hasil final regional kami, Persija Jakarta adalah klub paling populer di kawasan ASEAN yang sangat kompetitif, memperoleh 32,49 persen suara di lapangan termasuk sembilan rival regional yang didukung penuh semangat,” tulis pernyataan yang dimuat di laman resmi AFC, Jumat (1/1/2021).“Dikenal sebagai ‘The Jakmania’, suporter Persija mendukung klubnya dalam jumlah besar, rutin memenuhi tribun dan menciptakan suasana tak terlupakan di Stadion Gelora Bung Karno yang terkenal,” lanjut mereka.
JDT sendiri hanya bisa mendapatkan 1,8 persen suara. Mereka menempati posisi keenam jika dihitung secara keseluruhan. JDT setidaknya masih lebih baik dari Suwon Samsung Bluewings (Republik Korea) dan Shanghai Shenhua (China) yang menempati posisi dua terbawah.Adapun posisi keempat ditempati oleh wakil Jordania, Al Whdat, dengan perolehan suara sebanyak 9,49 persen. Sedangkan tempat kelima menjadi milik Al-Ittihad asal Suriah dengan total suara 3,82 persen.

sumber: okezone

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *