Perekaman E-KTP, Disdukcapil Balikpapan Lakukan Jemput Bola ke Sekolah Hingga Kecamatan  

BALIKPAPAN, kaltimonline.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan melaksanakan layanan jemput bola untuk melayani perekaman E-KTP remaja usia 16 tahun.

Adapun perekaman jemput bola ini dilakukan dengan mendatangi ke sekolah sekolah di seluruh kota Balikpapan. Menurut Analis Kebijakan Ahli Muda Disdukcapil Kota Balikpapan Devi Safitri, adapun perekaman dengan mendatangi, pihaknya dalam perekaman jemput bola ini tidak hanya mendatangi sekolah sekolah melainkan di seluruh kelurahan dan kecamatan.

“Adapun upaya jemput bola untuk memaksimalkan perekam KTP bagi remaja di Kota Beriman. Dengan cara memberikan undangan kepada adik-adik remaja usia 16 dan 17 tahun,” tegas Dewi saat ditemui di stan Disdukcapil Kota Balikpapan, dalam kegiatan Silaturahmi Ketua Umum Tim Penggera Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK), yakni Tri Tito Karnavian dengan para kader TP-PKK Kota Balikpapan. Selasa (24/10/2023)

Lanjut Devi, kegiatan jemput bola perekaman KTP bagi pemula sudah berjalan dan ditargetkan selesai dalam waktu dekat. “Targetnya November 2023 kelar. Jadi kami saat ini sedang gencar ke sekolah-sekolah di seluruh Kota Balikpapan,” katanya.

Devi mejelaskan, pihaknya kini telah berhasil merekam sekitar 6 ribu KTP pemula, dari target Disdukcapil Kota Balikpapan untuk melakukan perekaman terhadap sekitar 9 ribu remaja.

“Jadi untuk usia 16 tahun sudah boleh melakukan perekaman. Tapi pencetakannya (ditunda) sampai usianya mencapai 17 tahun, plus satu hari,” katanya.

Devi menambahkan, untuk keberadaan stan Disdukcapil Kota Balikpapan dalam kegiatan TP-PKK juga menjadi bagian dari sosialisasi perekaman KTP pemula berbasis jemput bola. Karena dalam kegiatan tersebut, para kader TP-PKK dapat berinteraksi dengan para petugas Disdukcapil, untuk memperoleh informasi dan pelayanan terkait perekaman identitas kependudukan.

”Kami berharap bagi pelajar remaja yang telah mendapat undangan dari masing-masing kecamatan dan kelurahan seluruh Kota Balikpapan, bersedia menghadiri jadwal perekaman KTP bagi pemula,” tutupnya. (ADV)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *