oleh

Cegah Kerumunan Pembesuk, Rutan Balikpapan Inovasi Layanan Titip Makanan Drive Thru

BALIKPAPAN,kaltimonline.com-Inovasi unik dilakukan petugas Rumah Tahanan Negara Kelas II B Balikpapan guna menekan angka persebaran Covid-19 selama dibukanya jam kunjungan Idul Fitri. Selama 2 hari dibuka, petugas rutan membuka layanan drive thru kepada pembesuk dimana pengunjung tetap berada di atas kendaraan.

Pelayanan penitipan makanan ini dibuka Kamis dan Jumat mulai pukul 09.00  hingga pukul 15.00 Wita.

Kepala Rutan kelas 2B Balikpapan, Jul Herry Siburian mengatakan inovasi ini sesuai Perintah Kementerian Hukum dan HAM terkait masa pandemi Covid-19 belum diperbolehkan membuka layanan kunjungan tatap muka sekaligus cara memutus mata rantai persebaran covid-19.

“Untuk itu kami berinovasi dengan layanan Drive Thru ini, setiap pengunjung yang hendak menitipkan makanan untuk keluarganya di Rutan tak perlu turun dari kendaraanya,” katanya.

Dalam kesempatan ini juga Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur meninjau langsung pelaksanaan Drive Thru didampingi Kepala Rutan dan Pejabat Struktural.

“Kepadatan pengunjung drive thru sudah terlihat sebelum layanan dimulai mereka mengantri dengan sabar untuk mendaftar di loket sebelum masuk ke meja layanan Drive Thru dengan tetap menggunakan protokol kesehatan yakni memakai masker,” imbuh dia.

Pemandangan berbeda terlihat pada petugas Rutan Balikpapan yang tidak merasakan berkumpul dengan keluarga guna melaksanakan tugas menerima layanan titipan makanan secara Drive Thru.

“Saya tentunya mengapresiasi petugas tetap semangat dan penuh dedikasi mengganti baju lebaran mereka dengan seragam dinas sesaat setelah sholat Ied selesai. Mereka dengan teliti memeriksa semua barang bawaan sesuai aturan yang berlaku, meski tidak dapat berkumpul dengan keluarga para Petugas ini merasakan kebahagiaan yang sama dengan WBP karena dapat melihat mereka merasakan hidangan makanan yang diberikan oleh keluarganya,” urai dia.

Jul Herry menambahkan, selain mereka yang memilki kendaraan layanan ini tentu saja juga tetap memberikan pelayanan kepada keluarga warga binaan yang tidak memiliki kendaraan.

” Ya tentunya kami memberikan layanan bagi keluarga yang tidak memiliki kendaraan tetap kami layani. Yang pasti harapan kami warga binaan bisa merasakan suasana Idul Fitri dengan hidangan yang dibawakan oleh Keluarga. Saya mengucapkan terima kasih kepada Petugas, WBP, dan keluarga kegiatan ini berlangsung dengan tertib dan aman. Selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan bathin,” pungkas dia.(nok)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *