Malam Tahun Baru Akses ke Lapangan Merdeka Balikpapan Ditutup

 

BALIKPAPAN, kaltimonline.com-Cegah kerumunan dan keramaian warga sebagai langkah antisipasi persebaran Covid-19 saat malam pergantian tahun baru Kamis (31/12/2020) di titik keramaian khususnya kawasan Lapangan Merdeka Balikpapan,  ratusan personil gabungan Kepolisian Polresta Balikpapan dan Dinas Perhubungan Kota Balikpapan disiagakan. Fokus utama adalah melakukan pengalihan arus lalu lintas menuju lapangan merdeka.

“Pengalihan arus menyesuaikan dengan edaran Walikota terkait dengan penutupan di beberapa tempat di wilayah kota Balikpapan, khususnya di tempat wisata dan lapangan merdeka,” kata Kasatlantas Polresta Balikpapan, Kompol Irawan Setyono.

Guna mengurangi potensi keramaian, Satlantas Polresta Balikpapan melakukan pengalihan arus di sejumlah titik di Balikpapan. Pengalihan arus dilakukan mulai dari Simpang Plaza Balikpapan Jalan Jenderal Sudirman yang dimulai sejak pukul 22.00 WITA, Kamis (31/12/2020).

Pengalihan tidak berlaku bagi warga yang beralamat seputaran Kelurahan Klandasan.

Pengalihan yang difokuskan pada Lapangan Merdeka sendiri karena mengacu pada tahun-tahun sebelumnya yang dianggap kerap menjadi pusat perayaan saat pergantian tahun.

” Sekitar 120 personel disiapkan gabungan dengan jajaran Dinas Perhubungan Kota Balikpapan. Nanti dibantu juga dari Dirlantas Polda Kalimantan timur untuk meng-cover di beberapa titik keramaian yang harus diantisipasi,” tambahnya.

Terkait warga yang beralamat di kawasan yang mengalami peralihan dan penutupan kepada petugas diberi kelonggaran akses keluar masuk namun dengan catatan wajib menunjukan kartu identitas.

“Nanti dengan cukup menunjukkan KTPnya bisa masuk apabila memang tinggal di dalam wilayah penyekatan-penyekatan yang kita lakukan,” jelasnya.

Saat disinggung mengenai durasi pengalihan arus tersebut, Kompol Irawan mengaku hal tersebut kondisional. Berkaca pada kondisi di lapangan seusai pergantian tahun.

“Apabila sudah dinyatakan normal dan situasi kondusif, kita akan melakukan pembukaan kembali untuk aktivitas warga yang mau berjualan atau ke pasar untuk besok pagi harinya,” tutupnya. (nok)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *