Puluhan Rumah di Baru Ulu Terbakar, Satu Warga Tewas

BALIKPAPAN,kaltimonline.com-Kebakaran menghanguskan puluhan rumah warga terjadi di jalan Letjen Soeprapto Kelurahan Baru Ulu Balikpapan Barat hangus terbakar Sabtu (5/6/2021) sekira pukul 23.00 wita. Kebakaran terjadi di 3 lingkungan RT di kawasan padat penduduk itu.

” Ada 3 RT, masing masing RT 2,3 dan 4. Ini padat penduduk dan rumah berdiri di atas perbukitan,” terang Daeng Lala, Ketua LPM Baru Ulu.

Amukan api begitu cepat membesar membakar pemukiman padat penduduk. Material rumah warga yang terbuat dari kayu dan berhimpitan membuat api semakin cepat meluas. Warga yang panik berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Lokasi kebakaran yang berada di area perbukitan ditambah akses jalan yang sempit menyulitkan petugas kebakaran memadamkan api.

9 unit mobil pemadam diterjunkan memadamkan kobaran api, namun belum diketahui penyebab pasti kebakaran. Pihak kepolisian Polsekta Balikpapan Barat masih melakukan penyelidikan dengan meminta keterangan sejumlah saksi mata.

Sementara kerugian yang ditimbulkan akibat kebakaran mencapai ratusan juta rupiah.

” Ada 3 RT, belum kita ketahui data pasti berapa rumah yang terbakar, akses jalan sempit dan lokasi pegunungan cukup menyulitkan kami melakukan proses pemadaman,” terang Suseno, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Balikpapan.

Seorang warga ditemukan tewas terbakar. korban diketahui bernama Haruna 55 tahun. Korban diketahui dalam kondisi sakit. Petugas BPBD Kota Balikpapan bersama relawan bencana langsung mengevakuasi jasad korban di tengah puing kebakaran. Tubuh korban ditemukan usai petugas melakukan proses evakuasi Selama 30 menit. Diduga korban terjebak saat api tengah berkobar.

” Yang saya tau bapak itu lagi sakit, agak linglung. Ini rumahnya katanya asal api pertama kali,” terang Latief.

Tak kurang 3 jam api berhasil dipadamkan. Hujan deras yang turun di lokasi kejadian membantu memudahkan proses pemadaman. (nok)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *